Logo
  • Alamat Center Poin A 6-7 Desa Kemangsen, Balong Bendo,
    Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
  • Phone 081252528055 , 0318978007
Kembali
Kembali

Logo

PT. Anugerah Jaya Petindo Sejahtera

×

inilah Perbedaan Botol Plastik & Toples Plastik ! Kemasan Plastik Mana Yang Anda Butuhkan Untuk Packaging Produk Anda?

Tanggal :01/10/2021 14.05.00 Penulis : Adi Kurniawan W

Apa Perbedaan antara Botol Plastik dan Toples Plastik ?

 


Dalam industri packaging botol dan toples merupakan jenis wadah yang paling umum digunakan oleh konsumen. Kedua jenis produk kemasan ini banyak digunakan dalam sektor industri makanan, obat-obatan, dan kosmetik. Kemungkinan jenis kemasan ini tidak akan berubah dalam waktu dekat karena desain produk yang sempurna.  
 
Botol dan toples plastik sama-sama wadah yang terbuat dari bahan plastik, tetapi desainnya menceritakan cerita yang berbeda. Fungsi penggunaan dan metode penyegelannya sangat berbeda satu sama lain, namun seperti beberapa orang tampaknya tumpang tindih atau bingung dengan apa yang dapat dilakukan oleh wadah ini. Lalu, apa perbedaan besar antara botol plastik dengan toples plastik? Mari kita lihat perbedaannya!
 
1. Perbedaan Bukaan Kemasan
Dapat terlihat jelas, baik botol plastik maupun toples plastik dapat dengan mudah dibedakan dari bukaannya. Botol  plastik memiliki bukaan sempit yang dirancang untuk cairan dan padatan yang sangat kecil. Dapat dilihat dari desain kemasannya adalah fakta bahwa botol plastik lebih merupakan barang kelas konsumen daripada unit penyimpanan. Ini artinya bahwa faktor utama dari desain botol adalah kemampuan untuk digunakan dengan mudah oleh orang-orang. 
Pabrikan yang jual botol plastik sebagian besar membuat kemasan ini berbagai minuman mulai dari minuman ringan, air mineral hingga minuman jus. Di mana botol plastik dapat dikonsumsi segera setelah dibuka atau dapat disegel lagi sehingga orang dapat menikmati minumannya kembali. Salah satu manfaat utama dari bukaan botol yang sempit adalah dapat menerapkan segel yang lebih rapat untuk memastikan minuman tetap segar mungkin. Selain untuk botol minuman, botol plastik juga banyak juga digunakan untuk kemasan botol kosmetik. 
 
Sedangkan toples plastik mempunyai bukaan yang lebih lebar untuk menampung produk-produk makanan padat maupun cair. Ini artinya kemasan ini mampu menyimpan lebih banyak jenis produk tanpa banyak kerumitan. Kemasan ini juga memungkinkan pengguna untuk menuangkan atau menyendok item. Memiliki bukaan yang lebih lebar berarti juga memiliki penutup atas yang lebar yang sangat cocok untuk menumpuk beberapa toples.
 
Pada beberapa kesempatan, baik botol plastik maupun toples plastik mungkin saling tumpang tindih satu sama lain, tetapi ada baiknya untuk diketahui bahwa kegunaannya adalah yang membedakan antara wadah yang satu dengan wadah yang lain.
 
2. Metode Penyegelan Kemasan
Karena bukaan kedua kemasan ini memiliki desain yang berbeda, metode penyegelanpun juga sangat berbeda. Ini merupakan hal yang penting karena segel membantu pengguna merencanakan produk mana yang akan di simpan di dalam wadah ini. 
 
Botol plastik memiliki sedikit lebih banyak variasi dalam hal tutup botolnya. Namun, sebagian besar botol dirancang untuk konsumsi cepat dan daur ulang sehingga ide penggunaan kembali tidak begitu akomodatif dibandingkan dengan toples. Tutup botol juga dirancang dengan keamanan pangan dan bukti kerusakan. Tutup botol dibuat dengan sistem kunci satu kali untuk menciptakan lapisan keamanan ekstra untuk perlindungan dan juga sebagai bukti kerusakan. Sistem penguncian semacam ini sangat nyaman karena lebih mudah diperhatikan dan tidak menimbulkan masalah bagi pengguna.
 
Sedangkan toples plastik memiliki bukaan yang lebih besar sehingga metode penyegelan yang biasanya digunakan adalah tutup bentuk ulir. Dengan tutup yang mengulir sangat cocok untuk penyimpanan dan penggunaan kembali karena menyediakan kunci kedap udara untuk toples. Tutup berulir juga membantu memastikan makanan aman dari kontaminan dan bau barang tidak bocor ke luar wadah. Perusahaan yang jual toples plastik biasanya juga menambahkan lapisan keamanan ekstra ke wadah mereka dengan metode penyegelan vakum. Ini untuk memastikan bahwa tutupnya tertutup rapat dan tidak akan membahayakan kualitas dan kesegaran produk di dalamnya.
 

kategori

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot